Saturday, July 26, 2008

Membuat Banner

Post untuk Mbak Elys...
dan untukku sendiri kalo2 lupa cara bikin banner.

Ada banyak cara untuk membuat sebuah banner. Cara yang dipilih bergantung pada purpose banner itu dibuat. Nah kategori banner berdasarkan purposenya setahu aku di-blogsphere ada:

1. Ads banner
2. Backlink banner
3. Award banner

nah yang aku bikin buat Elys masuknya dalam kategori Backlink banner. cara bikinnya pun simple karena tujuannya hanya untuk mempermudah saya sendiri atau pengunjung blog ini menuju situsnya Elys. Ga usah banyak cin cau... langkah2 buatnya sbb:

1. Desais grafis image yang akan di tampilkan.

- banner Elys Welt aku buat menggunakan 2 software, Paint dan CorelDraw11. Untuk melihatkan kesan situs Elys aku paste print-screennya dengan menggunakan Paint. Crop sana crop sini, pake CorelDraw. Buat font yang sama kaya site header Elys Welt untuk memperkuat brand site image. Trus save images as .jpeg file.

2. Upload images dalam format .jpeg ke salah satu layanan photo storage.

- banner Elys Welt aku upload di webshots.com harus punya account disana. Kalo mau yang praktis kamu bisa coba upload.kapanlagi.com (tuh ads bannernya ada disamping kanan, ato klik disini jg bisa :D promo dong biar dapet 5 jt) disana tidak diperlukan account. Setelah upload, kode link akan diberikan untuk dipasang di blog/content, trus ada kode link untuk dipasang ditempat2 laen juga. Pilih kode link untuk blog/content -Copy. Di webshots.com link2 itu disebut embed link, trus kita juga punya option ukuran foto yang akan ditampilkan.

embed link

3. Penempatan di blog.

- Karena blog ini pake Blogspot, aku tinggal nambahin 'page element' di: dashboard > layout > add page elements. Paste deh kode link disitu. Nha disini letak perbedaan banner purpose. Karena bukan ads dan award maka diperlukan modifikasi kode link yang di paste.
Setelah di paste modifikasi bagian ini [a href="target site"] target site di ubah ke situs yang akan di links.. i.e. http://elyswelt.wordpress.com/ jika ingin di tampilkan di new window tambahkan target:_blank
Jangan lupa Save.

paste-kode

Banner Elys seperti yang di samping letaknya disini.
kali aja bermanfaat buat yang lain juga... trus kalo ada yang salah tolong dikoreksi... kasih comment yah.

4 comments:

  1. lah .. aku kok jadi inget sinetrn tersanjung yach :D

    danke sehr Hiu, kalau di blogspot bisa diotak-atik semaunya, kalau di wodpress, angel tenan je, apalagi buat yg msh gaptek kayak aku gini :D

    Schönes Wocheende wünsche Ich Dir ;)

    ReplyDelete
  2. Wie gehts dir hiu ?

    blog yg satunya kok nggak bisa dibuka?

    ReplyDelete
  3. Halah,udah lier (pusing,bhs Sunda) duluan. Parah emang kali aku senasib sama mbak Ely, gaptek abis,hehe...

    ReplyDelete
  4. wah...designer neh...

    mantap2 kang....

    jd kepingin niru sepak-terjangnya euy... :D

    ReplyDelete